Latih Warga Binaan agar Jago Membuat Roti, Rutan Kelas IIB Takengon Datangkan Mentor Dari Medan

Aceh Tengah TAKENGON – Warga Binaan Pemasyarakatan (WPB) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Takengon, Aceh Tengah, dilatih membuat roti.

Pelatihan tata boga tersebut sebagai langkah awal program pembentukan pabrik roti di dalam Rutan. 

Plt Kepala Rutan Kelas IIB Takengon, Husni kepada Serambinews.com, Selasa (22/6/2021) menyebutkan, pihak Rutan Takengon, telah membuat beberapa program pembinaaan untuk warga binaan. 

“Selain membuat berbagai kerajinan tangan, kami juga memprogramkan akan membuat pabrik roti di dalam Rutan. Produksi roti warga binaan ini, nantinya akan dipasarkan juga di luar Rutan,” kata Husni. 

Untuk melatih warga binaan, lanjut Husni, pihaknya menggandeng Poppy Cake and Cookies, Medan, Sumatera Utara untuk melatih warga binaan sehingga bisa menciptakan roti yang berkualitas tinggi. 

“Kami menginginkan agar kualitas roti hasil produksi Rutan tidak kalah saing dengan di luar sehingga memang benar-benar bisa dipasarkan,“ harapnya. 

Selain itu, sebut Husni,  kegiatan pembuatan roti akan menambah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Rutan Takengon, yang akan  dikelola oleh Koperasi Pengayoman Rutan Takengon

“Ke depan, warga binaan yang bebas dari masa hukuman, sudah memiliki keahlian yang bisa dikembangkan di luar. Jadi berkesempatan menjalani hidup yang lebih baik setelah bebas, “ ungkap Husni. 

Owner Poppy Cake and Cookies, Medan, Dewi  yang juga terjun langsung menjadi mentor menuturkan, sebenarnya pembuatan roti tidak memerlukan keahlian khusus, tetapi membutuhkan kemampuan dan kejelian.

“Ketika kita sudah mampu meracik dengan benar sehingga bisa menghasilkan roti dengan kualitas premium serta yang penting kemauan dari warga binaan untuk belajar,” ujar Dewi. 

Sebelumnya, para warga binaan yang diikutsertakan dalam kegiatan tersebut telah mengikuti sidang TPP untuk menyeleksi kemampuan dan keahlian masing-masing WBP dalam kegiatan pembuatan roti. ,ungkap kemedia (,ÀT red)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUJAKETARUB Siap Dukung dan Usung EDI-HASAN Jadi Gubsu dan Wagubsu