KRISIS AIR YANG DI PASOK PDAN TIRTANADI DI BELAWAN SEMAKIN BANYAK WARGA BANYAK KOMPLIN


Belawan SRI
Lebih kurang sebanyak 40 rumah (40 Kepala Keluarga/KK) dari 185 KK yang ada di Lingkungan VI Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan saat ini kekurangan instalasi air bersih. Hal itu dikatakan Lurah Belawan I, Siti Maryam. S.Sos didampingi Kepala Lingkungan (Kepling) VI Kelurahan Belawan I, Iljen Sinaga kepada JSN, Kamis (23 Januari 2020).

"Dalam kurun waktu 3 tahun ini sudah diusulkan di Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan-red) untuk penambahan instalasi air bersih di Lingkungan VI, tapi sampai sejauh ini belum ada realisasi dari Pemko Medan", ujar Lurah Maryam.

Menurut Lurah usulan itu disampaikan oleh Kepling VI kepada dirinya, lalu diteruskan kepada pihak Kecamatan hingga ke pihak Pemerintah Kota Medan


Adapun menurut Kepling Sinaga bahwa warganya yang kekurangan instalasi air bersih itu berada di 4 blok, "Mulai dari tahun 2018, 2019 hingga tahun 2020 ini selalu kami usulkan di Musrenbang untuk penambahan instalasi air bersih di Lingkungan VI blok A, B, C dan D, tapi sampai sekarang belum terealisasi juga", ujar Sinaga mengeluh.

Baik Kepling Sinaga maupun Ibu Lurah Maryam sangat berharap agar pihak PDAM Tirtanadi Cabang Belawan segera menambah instalasi air bersih di Lingkungan VI karena warga di daerah padat penduduk itu sangat membutuhkannya. " Saya  berencana kalau memang enggak ditambah juga (oleh pihak PDAM- red), maka akan saya gunakan dari Dana Kelurahan tahun ini untuk menambah instalasi air bersih disitu", tutur Lurah Maryam.

Dikatakan Kepling Sinaga bahwa untuk mendapatkan air bersih, saat ini warganya hanya memanfaatkan sumur bor yang ada. " Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, saat ini warga hanya bisa menggunakan sumur bor. Tapi itu pun sumur bor-nya sekarang sudah rusak", keluhnya.

Terkait dengan kurangnya fasilitas instalasi air bersih di Lingkungan VI tersebut, PLT. Kepala Cabang PDAM Tirtanadi Belawan,  Hendrison, SE ketika dikonfirmasi di kantornya tidak berada di tempat. Menurut seorang staf bernama Hendy bahwa Kacab sedang ke Medan.di kelurahan Belawan 2 juga begitu seperti di lingkungan 43 gang rukun juga begitu bahkan sudah berbulan bulan bahkan sebahgian udah bertahun tidak ada air sama sekali banyak masyarakat beralih ke sumur bor .seperti pak manan.yang biasa nya menunggu air PDAN.kini di rumah nya sebulan lebih tak ada air mengalirkan PDAN .jera tak mau lagi sampai sampai dapat nya pecah gara gara di hidup kan 12 jam air tak mengalir juga.ungkap nya kepada di sini puluhan kk tak dialirkan air lagi oleh pdan  sekarang terpaksa beik air sumur bor habis tak ada air pam ukap nya kepada media.jung..ga. (red)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUJAKETARUB Siap Dukung dan Usung EDI-HASAN Jadi Gubsu dan Wagubsu